Profil Orang Tua Group (OT Group)

Gambar Orang Tua Group (OT Group)

Profil Perusahaan / Lembaga - Orang Tua Group (OT Group)
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan

Orang Tua Group (OT Group) adalah perusahaan consumer goods yang memproduksi berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Berawal dari minuman kesehatan tradisional dengan bahan dan proses terstandar berkualitas tinggi, OT telah berkembang semakin modern tanpa meninggalkan nilai-nilai positif dan luhur yang dicetuskan oleh pendiri perusahaan. Beragam produk mulai dari makanan, minuman, hingga produk perawatan diri telah lama menjadi bagian dari kehidupan konsumen Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Formula, Tango, Teh Gelas, MintZ, Blaster, Oops, dan Kiranti. Bahkan, karena kualitasnya, produk OT telah hadir di pasar internasional dan dapat dinikmati oleh konsumen mancanegara. Dengan tetap fokus pada kebutuhan konsumen dan juga terus melakukan inovasi, OT telah meluncurkan produk-produk unggulan sehingga meraih berbagai macam penghargaan melalui lembaga survey yang diakui secara nasional maupun internasional. Semua prestasi yang telah dicapai ini tentu tidak lepas dari dukungan konsumen, karyawan, serta nilai-nilai yang telah kami yakini sejak awal. Seluruh kepercayaan dan kerja keras dari berbagai pihak telah membentuk OT menjadi perusahaan yang berkomitmen tinggi untuk selalu berusaha menyempurnakan produk dan proses kerja demi memenuhi kebutuhan konsumen.

SEJARAH
OT telah bertransformasi dari perusahaan yang hanya memproduksi minuman kesehatan tradisional menjadi perusahaan besar yang menghadirkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari.

1948
OT memulai perjalanannya di Indonesia melalui produk minuman kesehatan tradisional. Saat itu, penerimaan masyarakat terhadap produk ini sangat baik dan semakin meluas. Oleh karena itu, setelah memiliki pabrik pertama di Semarang, OT membangun pabrik keduanya di Jakarta.

PT. Ultra Prima Abadi berdiri pada tahun 1976. PT Ultra Prima Abadi merupakan unit bisnis pertama dari OT dalam kategori produk-produk konsumen. Selama bertahun-tahun PT Ultra Prima Abadi dikenal sebagai produsen dari sejumlah merek ternama dan pemimpin pasar di Indonesia, seperti Formula, Tango, Kiranti, MintZ, Blaster, Oops, Fullo dan Klop. Chizmill, Jagak, Walut adalah merek-merek terbaru dari PT Ultra Prima Abadi.

1984
Seiring perkembangan kebutuhan konsumen akan produk sehari-hari, OT memutuskan untuk masuk ke bisnis consumer goods dengan berinvestasi pada pembangunan berbagai fasilitas produksi serta unit usaha baru. Pasta dan sikat gigi dengan merek FORMULA menjadi produk pertama yang diproduksi. Satu tahun kemudian, OT membentuk holding company dengan nama ADA, yang merupakan singkatan dari Attention, Direction, and Action. Di bawah bendera ADA, pengembangan usaha, diversifikasi produk, dan peningkatan kapasitas produksi terus menjadi target yang berhasil dijalankan. Di tahun ini pula, OT menunjuk  PT. Arta Boga Cemerlang sebagai distributor tunggal yang dipercaya untuk menangani dan menguasai jalur distribusi produk OT di seluruh Indonesia.

1995
Pada tahun ini, ADA berganti nama menjadi ORANG TUA. Merek ORANG TUA yang kaya akan nilai historis ternyata telah mengakar pada masyarakat Indonesia sehingga hal ini menjadi satu keuntungan bagi perusahaan. Setelah berganti nama, bisnis berkembang dengan pesat. Untuk itu, di tahun ini pula ORANG TUA memutuskan untuk melakukan perubahan logo.

2004
Logo ORANG TUA (OT) kembali diperbaharui agar lebih mencerminkan OT sebagai perusahaan consumer goods yang dinamis, penuh semangat, berjiwa muda, dan menjadi kebanggaan bagi karyawannya.

Kini, bisnis OT semakin berkembang dengan penambahan unit usaha dan produk baru, yaitu :

  • Makanan (wafer, biskuit, cokelat, permen, kacang, dan makanan penutup)
  • Minuman (teh siap minum dan minuman kesehatan)
  • Perawatan Diri (perawatan gigi dan mulut, rambut, dan pisau cukur).

2011
PT CASA VERDE INDONESIA (CVI) didirikan sebagai awal OT masuk dalam bisnis sanitasi dan kebersihan. Produk-produk PT CVI melayani kebutuhan internal perusahaan (kantor dan pabrik) serta eksternal (hotel, restoran, rumah sakit, dll.).

2016
Dengan merek Crystalline, OT melebarkan sayapnya ke bisnis air minum dalam kemasan (AMDK). Crystalline pertama kali diluncurkan dalam kemasan botol plastik PET. Lini produk Crystalline terus berkembang, dengan mengeluarkan produk kemasan cup, dan galon.

2019
OT masuk pasar susu dengan merek Tango. Dengan menggunakan teknologi aseptic dan UHT, Susu Tango tersedia dalam kemasan botol plastik PET dan kemasan kotak (tetra). Hari ini OT sudah memiliki 2 merek di kategori susu: Susu Tango dan Milk-Ido.

2020
Pandemi Covid-19 membuka peluang bagi OT. PT CASA VERDE INDONESIA (CVI), memasarkan produk-produk sanitasi dan kebersihannya ke konsumen dengan merek PRIMA PROTECT+, dimulai dengan produk hand sanitizer cair. CVI terus menambah lini produknya seperti hand sanitizer gel, masker, hand soap, tisu basah (wet wipes) dan sabun kesehatan (bar soap), sehingga CVI semakin dikenal luas dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

VISION
GO BEYOND

MISSION
We exist to brighten and delight the lives of Customers, Employees, Shareholders, and Society by creating and meeting consumers needs.

Lokasi: Jl. Lingkar Luar Barat Kav. 35 - 36, Cengkareng, Jakarta Barat, 11740, Indonesia
Peta: