Profil Yayasan Al Ibrah

Gambar Yayasan Al Ibrah

Profil Perusahaan / Lembaga: Yayasan Al Ibrah
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan:

Pada Akhir tahun 1998, karena berakhir masa pinjamannya, TPQ Al Ibrah dipindah ke SD Muhammadiyah 3 Gresik dengan status pinjaman juga, sedangkan TKIT Al Ibrah bertempat di Jl. Arief Rahman Hakim No. 72 dengan status kontrak. Dan di akhir tahun 1999 hingga tahun 2000, dengan bantuan para donator, maka berdirilah sarana dan prasarana Yayasan Al Ibrah berupa mushalla dan gedung pendidikan yang bertempat di Jl. Arief Rahman Hakim No. 20-22 Gresik.

Dengan upaya peningkatan mutu dan besarnya tanggungjawab terhadap dakwah dan pendidikan Islam, didukung tingkat kepercayaan masyarakat semakin tinggi, terlebih pada tanggal 21 Juni 2005, TKIT Al Ibrah mendapat akreditasi A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional, maka Yayasan Al Ibrah termotivasi untuk melakukan pengembangan pendidikan Islam dengan mewujudkan pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Ibrah yang dimulai pada tahun pelajaran 2006-2007 di lokasi TKIT di Jl. Arief Rahman Hakim 20-22.

Surplus dan peningkatan siswa SD yang cukup besar di awal tahun ajaran, membuat Yayasan Al Ibrah mengambil keputusan untuk memindah SDIT Al Ibrah ke  Jl. Tanjung Wira VI/44 GKB Manyar pada tahun 2008. Juga, atas dukungan wali murid , pada tahun yang sama (2008) didirikan Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al Ibrah.

Seiring dengan waktu, Al Ibrah semakin diminati dan berkembang pesat. Hal ini terbukti di pertengahan tahun 2011 ini, telah dibangun SMPIT Al Ibrah di Jl. Kng. Brotonegoro Timur  Yosowilangun GKB Gresik yang pembukaan tahun ajaran baru perdananya dilaksanakan pada tahun 2012. Al Ibrah juga membuka sistem boarding school bagi SMP dan kelas takhassus (tahfidzul quran) yang dimulai sejak SD.

Dan pada tanggal 1 Oktober 2014, Al Ibrah juga mendirikan Taman Asuh Islam Terpadu (TAIT) yang berlokasi di Jl. Tanjung Hulu II/21 GKB Gresik. Adapun anak didiknya berusia 3 bulan sampai dengan usia 6 tahun.

Kini Jumlah para siswa dan siswi TPQ, KBIT, TKIT dan SDIT, dan SMPIT berjumlah kurang lebih  1.260 siswa dengan total guru pengajar (Ustadz dan Ustadzah) mencapai 157 orang dan karyawan yang berjumlah 31 orang.

Semoga Upaya dakwah dan pendidikan ini terus berkembang dan diridhai Allah SWT.  Amin

VISI DAN MISI YAYASAN
Al Ibrah adalah sebuah Yayasan yang berdiri pada tahun 1989. Didorong oleh idealisme serta keinginan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi umat dan bangsa guna mencetak generasi Islam yang berkualitas, baik aqidah, akhlaq maupun intelektualitasnya. Yayasan Al Ibrah menetapkan visi dan misinya sebagai berikut :

Visi : Membentuk generasi Islam yang qurani,  berprestasi optimal dan berwawasan global

Misi :

  1. Membangun Lembaga Pendidikan yang memegang teguh Al Quran dan As Sunnah
  2. Mewujudkan nilai-nilai pendidikan Islam yang berkelanjutan
  3. Mengembangkan sistem pendidikan yang berwawasan nasional dan internasional
  4. Mengokohkan kepribadian melalui keteladanan dan pembiasaan
  5. Mendidik generasi berprestasi dan siap berkontribusi untuk masyarakat
Lokasi: Jl KNG Brotonegoro Timur, GKB, Manyar, Kab. Gresik
Peta: