Profil Yayasan Pulih

Gambar Yayasan Pulih

Profil Perusahaan / Lembaga - Yayasan Pulih
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan

For Psychological Recovery and Psychosocial Empowerment! Yayasan Pulih adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam penguatan psikososial, penguatan peran psikologi dalam proses hukum untuk mendukung tercapainya keadilan dalam penanganan kasus kekerasan, menguatkan kapasitas psikososial lembaga dan pekerja kemanusiaan.

Pulih merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat non-profit yang secara profesional bergerak di bidang psikososial dengan fokus utama pada pencegahan, penanganan, serta pemulihan trauma psikologis dengan pendekatan dan sensitivitas terkait permasalahan gender. Dalam upaya memutus rantai kekerasan, Pulih bekerja tanpa henti sebagai tim dan sebagai bagian dari sistem penyedia layanan yang lebih luas untuk membantu para penyintas trauma, mendidik dan mengadvokasi kebutuhan layanan psikologis mereka, serta melakukan penelitian dan pelatihan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat yang lebih baik tentang masalah ini.

Pulih didirikan pada 24 Juli 2002 oleh enam orang pendiri, yaitu Prof. (Em) Saparinah Sadli, Psikolog; Prof. Dr. E. Kristi Poerwandari M.Hum, Psikolog; Dr. Livia Iskandar, M.Sc, Psikolog; Prof. Irwanto, PhD, Psikolog; Dr. Karlina Supelli dan Ali Aulia Ramly, S.Psi, M.A., Psikolog; yang melihat adanya fenomena ketimpangan antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga psikolog yang terjangkau serta memiliki kepekaan terhadap isu gender dalam situasi sosial masyarakat, terutama bagi para penyintas trauma dan kekerasan berbasis gender.

Pada periode awal didirikannya Pulih, isu-isu terkait trauma banyak dilatarbelakangi oleh kekerasan akibat isu-isu sosial politik seperti konflik SARA, teror, kerusuhan, dan pelanggaran HAM, serta isu lain seperti bencana alam yang melanda di berbagai wilayah. Atas dasar kepedulian kepada para korban, Pulih didukung oleh beberapa relawan psikolog bekerja sama memberikan bantuan penanganan dan pendampingan psikologis. Tim Pulih dan para relawan kemudian mendirikan sebuah lembaga dengan sebuah kantor pusat di Jakarta untuk memberikan layanan langsung kepada korban kekerasan maupun memberikan dukungan kepada program-program penguatan masyarakat di beberapa wilayah. Kantor Pusat Pulih didukung oleh Kantor Area Aceh–untuk memberikan penguatan psikososial kepada korban gempa dan tsunami Aceh, Kantor Area Ambon–untuk memberikan penguatan psikososial kepada remaja korban konflik antar agama, dan Kantor Area di Jakarta untuk pengungsi (Urban Refuges Project)–memberikan penguatan dan pendampingan psikososial kepada para pengungsi internasional di sekitar Jakarta.

Hingga saat ini, Pulih telah mengalami beberapa kali perkembangan dan perubahan dalam memberikan layanan yang baik kepada masyarakat. Menjelang ulang tahun Pulih yang ke-15, dalam upaya semakin memperluas layanan kepada masyarakat, Pulih memutuskan untuk mendirikan 3 kantor mandiri dengan kekhususan dan area kerja yang berbeda dan beragam. Layanan penanganan psikologis yang diberikan Pulih terhadap isu-isu trauma dan masalah kesehatan mental lainnya pun kian berkembang, seperti masalah hubungan dengan keluarga, hubungan pasangan atau pernikahan, depresi, pengendalian emosi, perilaku anak, dan lain-lain.

VISI
Terwujudnya masyarakat sejahtera dan tangguh melalui penguatan psikososial yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan HAM.

MISI

  1. Mengarusutamakan penguatan psikososial untuk rakyat dalam pelayanan publik
  2. Menguatkan peran psikologi dalam proses hukum untuk mendukung tercapainya keadilan dalam penanganan kasus kekerasan
  3. Menguatkan kapasitas psikososial lembaga dan pekerja kemanusiaan
  4. Menjadikan Pulih sebagai lembaga acuan utama model penguatan psikososial bagi penanganan kekerasan pada kelompok rentan
  5. Menjadikan Pulih sebagai lembaga yang kompeten, terjangkau, terpercaya, mandiri dan terus berkembang
Lokasi: Jl. Tlk. Peleng No.63A, RT.5/RW.8, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 12520
Peta: