Profil Yayasan Nara Kreatif
Profil Perusahaan / Lembaga - Yayasan Nara Kreatif
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan
Memberikan banyak orang kemudahan pendidikan dan solusi lingkungan! Nara Kreatif merupakan yayasan sosial yang memberdayakan anak putus sekolah melalui program Sekolah Paket Nara, juga kewirausahaannya dengan menawarkan kerjasama dalam bentuk Waste Management Program. Nara Kreatif adalah kewirausahaan sosial (social enterprise) yang menjawab permasalahan angka putus sekolah melalui bisnis pengelolaan lingkungan (environmental management).
Bentuk dukungan untuk menjawab masalah pemerataan pendidikan di Indonesia dilakukan melalui Sekolah Kejar Paket (PKBM Nara Kreatif) yang telah terakreditasi A. Terdiri dari program paket A, B, dan C dan saat ini telah tersebar pada 35 titik lokasi di DKI Jakarta, Bekasi dan Labuan Bajo (NTT) dengan 1453 Peserta Didik Tahun Ajaran 2023/2024.
Tidak ada batasan usia untuk mendaftarkan diri sebagai warga belajar (sebutan untuk murid - murid di sekolah kejar paket nara) bagi mereka yang putus sekolah dikarenakan menjadi tulang punggung keluarga, menjadi korban perceraian, yatim piatu, maupun yang berusia lanjut.
PKBM Nara Kreatif terdiri dari beberapa program, yaitu:
- Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD)
- Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP)
- Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)
Nara Kreatif memiliki kurang lebih 30 orang anak asuh yang berasal dari keluarga prasejahtera, anak jalanan / terlantar, yatim Piatu, Dhuafa, dan korban konflik keluarga. Mendorong peningkatan kesejahteraan anak asuh melalui kebutuhan sehari - hari, pendidikan kesetaraan, pelatihan dasar dan ilmu kemandirian secara intensif. Selain itu anak asuh mendapatkan alat sekolah, tabungan, dan kegiatan rekreasi.
Selain memberikan pendidikan gratis dan program anak asuh, Nara Kreatif juga memiliki pemberdayaan masyarakat bersama pemuda prasejahtera di Yayasan Nara Kreatif. Pemberdayaan yang dilakukan dengan mengolah sampah kantong plastik melalui proses upcycle (guna ulang) juga berkolaborasi bersama ibu rumah tangga menjadi produk fashion seperti dompet dan tas ramah lingkungan, sehingga mereka mendapatkan pendapatan tambahan untuk keluarga.
VISI
- Memberikan banyak orang kemudahan pendidikan dan solusi lingkungan
