Profil Shafira Corporation
Profil Perusahaan / Lembaga - Shafira Corporation
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan
Berawal pada tahun 1989, Shafira mulai menapak secara serius dunia apparel & busana dengan sebuah pemikiran dasar yang sederhana, "Kenapa pakaian Muslim kok nampak kampungan gitu ya? Kenapa kita nggak mulai bikin yang Trendy dan Fashionable?"
Setelah 23 tahun pendirian Shafira Corporation (Shafco), berhasil membangun sebuah bisnis di bidang Busana melalui Brand Shafira yang telah membuka 23 Showroom dan beberapa counter yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia dan Kuala Lumpur.
Shafira Sanggar Busana Muslimah digagas oleh Fenny Mustafa pada tahun 1989, sebagai jawaban kontemporer atas keresahan beliau terhadap busana muslimah yang tidak menarik dan, saat itu, cenderung ketinggalan zaman.
Nama Shafira terilhami setelah beliau mendirikan sholat di Masjid Salman ITB. Nama ini diambil dari kata “Shaf” yang bermakna “Barisan yang Kokoh”, Shafira diharapkan dapat menjadi barisan yang kokoh dalam mendakwahkan busana Islami pada para muslimah.
Namun, saat kata “Shaf” dan “Ira” berdiri bersama-sama, kata Shafira juga melambangkan Batu Safir yang bermakna anggun dan elegan, mewakili keteduhan, keanggunan, kemewahan sekaligus suasana kerendahan hati pemiliknya.
Bentuk sulur pada logo Shafira diambil dari stilasi ragam hias arsitektur Islam, yang mengandung arti ‘Kehidupan’ yang tumbuh dan berkembang menaungi sekitarnya.
SHAFIRA Corporation, sebuah perusahaan yang utamanya bergerak di industri fashion muslim, didirikan pada tanggal 8 Januari 1989 melalui brand SHAFIRA. Tak semata lahir sebagai sebuah brand busana muslim, kehadiran SHAFIRA juga menjadi tonggak laju industri muslim fashion Indonesia; menumbuhkan citra muslimah dengan tampilan cantik melalui pakaian yang ia kenakan sesuai dengan mimpi Feny Mustafa ketika ia memulai bisnis di industri ini yang dituangkan dalam nama SHAFIRA yang anggun nan elegan seperti batu safir.
Tumbuhnya SHAFIRA melalui rangkaian karya busana muslim premium yang mengusung desain simpel nan elegan yang diperuntukkan bagi market tertentu membuahkan sebuah gagasan untuk memperluas jangkauannya sehingga lebih banyak masyarakat dapat mengenakan pakaian muslim yang nyaman dan fashionable.
Rumah Kerudung Lamara atau yang kini dikenal sebagai ZOYA kemudian lahir di tahun 2005 untuk memenuhi kebutuhan busana muslimah yang terjangkau dengan karakter ringan, easy to wear, serta easy to match melalui produk unggulan kerudung serta busana yang kaya akan motif dan warna.
Tak terhenti disitu, semakin hangatnya industri fashion muslim Indonesia membuat busana muslim serta kelengkapan penampilan lainnya dibutuhkan oleh banyak kalangan dari berbagai generasi. Melihatnya sebagai sebuah langkah baru untuk membidik market yang lebih luas, SHAFIRA Corporation kemudian menelurkan brand lainnya yang bergerak di bidang kosmetik yang merupakan ekstensi dari brand ZOYA dengan nama ZOYA Cosmetics di tahun 2013.
Brand Philosophy Shafira adalah “Simply Elegant”. Shafira menampilkan koleksi yang bercirikan etnik, dengan gaya padu padan, potongan yang rumit, dan detail yang variatif, sehingga terwujud koleksi yang eksklusif dan elegant.
Mission Statement Shafira adalah “Gaya Islami”. Shafira menampilkan koleksi yang mencerminkan keindahan, namun selaras dengan nilai-nilai Islami.