Profil PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Profil Perusahaan / Lembaga - PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan
PT Bank Danamon Indonesia Tbk. didirikan pada 1956. Nama Bank Danamon berasal dari kata “dana moneter” dan pertama kali digunakan pada 1976, ketika perusahaan berubah nama dari Bank Kopra. Saat ini, “Danamon” adalah salah satu institusi keuangan terbesar di Indonesia dari jumlah pegawai – sekitar 72,000 (termasuk karyawan anak perusahaan) pada Desember 2012. Danamon adalah bank ke-enam terbesar di Indonesia berdasarkan aset, dengan jaringan sejumlah sekitar 3.350, terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, dan unit Danamon Simpan Pinjam (DSP).
Bank Danamon Indonesia Tbk merupakan lembaga keuangan komersial di Indonesia yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan kemudian melempar lagi dalam bentuk kredit. Bank Danamon 68% mayoritas sahamnya dimiliki oleh Asia Financial Indonesia, peran lembaga keuangan ini di masyarakat selain bergerak menyalurkan kredit dan menghimpun dana juga memiliki anak perusahaan berupa perusahaan pembiayaan kendaraan roda dua yang bernama Adira.
VISI
Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan. Danamon berkeyakinan bahwa keberadaannya adalah untuk mewujudkan kepeduliannya kepada nasabah, karyawan, serta masyarakat luas dan membantu kesemuanya itu bertumbuh kembang mencapai kesejahteraan yang lebih baik.
MISI
Danamon berupaya untuk mewujudkan visinya melalui tiga misinya, yaitu: Danamon bertekad untuk menjadi “Lembaga Keuangan Terkemuka di Indonesia” yang keberadaannya diperhitungkan.
Danamon berkeyakinan bahwa kekuatannya dalam intermediasi keuangan dalam perekonomian menjadikannya katalis bagi penciptaan kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk mengoptimalkan perannya dalam perekonomian, merupakan keharusan bagi Danamon untuk mempunyai reputasi yang baik dan memimpin di antara lembaga-lembaga keuangan lainnya, sebagai: Mitra bisnis bagi nasabahnya dan Bagian dari anggota masyarakat yang berkontribusi dan mempunyai kepedulian tinggi. Suatu organisasi yang berpusat pada nasabah, yang melayani semua segmen dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen, berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, serta didukung oleh teknologi kelas dunia.
Dalam menjalankan peran-perannya, Danamon selalu berupaya memahami apa yang dibutuhkan setiap nasabah dan menanggapi kebutuhan tersebut secara tepat. Danamon memberikan solusi bagi setiap kebutuhan, secara unik, yang tidak diberikan lembaga keuangan lainnya di industrinya dan melakukannya berdasarkan pengetahuan dari riset serta teknologi. Dalam pelaksanaannya, Danamon fokus pada proses pelayanan yang menerapkan teknologi dengan kehati-hatian dan tanggung jawab. Penting bagi karyawan Danamon untuk memuaskan para nasabahnya dan bertindak secara terhormat dalam memberikan pelayanan yang akan dihargai oleh masyarakat luas. Sikap karyawan yang positif sebagaimana berikut ini dibutuhkan: Dapat beradaptasi, terbuka dan terus belajar menyikapi perubahan. Memahami dan fokus pada pengembangan diri dan sumber daya manusia. Aspirasi kami adalah menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan yang dihormati oleh nasabah, karyawan, pemegang saham, regulator dan komunitas di mana kami berada. Danamon berinvestasi untuk membangun budaya yang kondusif untuk mencapai tujuan-tujuannya. Danamon membangun kolaborasi dengan para pemangku kepentingannya, baik di dalam maupun di luar lingkungannya, untuk menciptakan kontribusi yang bermanfaat bagi penerimanya, di tempat-tempat yang paling membutuhkan.
Nilai Perusahaan
Sebagai panduan dalam berperilaku serta menjalankan setiap tugas dan kewajiban, nilai-nilai perusahaan harus diterapkan oleh seluruh karyawan, manajemen, direksi, dan komisaris Bank Danamon.
Seiring dengan perkembangan dan perubahan bisnis yang sangat dinamis, Danamon melakukan penyempurnaan nilai-nilai perusahaan untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi Perusahaan.
Nilai-nilai Bank Danamon adalah Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani, dan Adaptif, disingkat menjadi BISA.
BERKOLABORASI: Menyelaraskan keberagaman sebagai kekuatan untuk mencapai tujuan bersama
INTEGRITAS: Mengutamakan profesionalisme, keterbukaan, tanggung jawab dan etika sebagai pedoman kinerja secara konsisten
SIGAP MELAYANI: Memberikan layanan terbaik dengan cepat, sigap dan akurat
ADAPTIF: Senantiasa menyesuaikan dan meningkatkan potensi diri untuk menjadi yang terbaik