Profil PT Bravo Satria Perkasa
Profil Perusahaan / Lembaga - PT Bravo Satria Perkasa
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan
Perusahaan kami bergerak di bidang outsourcing security yang berdiri sejak tahun 2002, saat ini jumlah personil security kami berjumlah Ribuan mencakup wilayah seluruh Indonesia. Umumnya klien kami adalah di Industri Perbankan seperti Bank Permata, Bank Danamon, Bank BRI, Bank BII, Bank CIMB Niaga, Bank Muamalat Indonesia dan lainnya, selain itu Klien kami juga adalah industry non perbankan. PT Bravo Satria Perkasa (BSP), salah satu perusahaan yang terus melakukan perubahan dari waktu ke waktu. Sebelum nama BSP tersemat, BSP hanya berbadan hukum yayasan dengan nama Yayasan Bravo 99 yang berdiri tahun 1999 oleh para pendirinya, yakni Drs. H. Soeparno, Wahyu Sudarmojo, Deden Teguh Yustono Wibawa, & Joko Putro Nugroho Utomo. Adanya perubahan regulasi kebijakan dari pemerintah bahwa perusahaan jasa pengamanan harus berbentuk badan hukum perseroan terbatas, maka Bravo 99 ber-metamorfosis menjadi PT Bravo Satria Perkasa (BSP) pada tanggal 12 Juli 2002. Perubahan status dari Yayasan menjadi Perseroan membuat gerak BSP semakin luas. BSP hadir menjemput ’bola’ sebagai bentuk kepedulian anak bangsa untuk memajukan negeri ini melalui pelayanan jasa pengamanan.
Visi BSP ingin menjadi perusahaan yang profesional dan dapat diandalkan, sehingga menjadi pilihan utama di bidang jasa pengamanan. Visi tersebut dijabarkan melalui misinya dengan memberikan layanan cepat, akurat dan efisien serta solusi yang tepat dan bermutu sehingga memudahkan para pengguna jasa dalam melakukan kegiatan usahanya, dengan dukungan teknologi menejemen yang handal serta SDM yang mumpuni, terampil, dan profesional.
Sejak awal berdiri, BSP telah memiliki klien di bidang perbankan, waktu itu Bank Universal yang saat ini berganti nama menjadi Bank Permata, karenanya tak heran jika bicara pengamanan perbankan, maka BSP nama yang paling santer disebut. ”Bicara pengamanan bank, ya BSP”.
Saat bisnis ini dirintis oleh para pendiri, BSP tertantang dengan permintaan klien dalam hal ini Bank Universal untuk menampilkan sekuriti bank yang berbeda, yaitu lebih komunikatif dan elegan. Tak hanya menjaga di pintu depan melainkan juga sebagai front liner yang bisa berkomunikasi dengan calon nasabah. Penampilan lebih rapi, bahasa yang ramah, selalu memberikan senyuman bahkan menjelaskan sekilas produk bank kepada nasabah.
Awalnya melihat permintaan klien cukup tertantang, namun karena jiwa ingin selalu melayani berkembang, maka tim BSP pun mendesain anggotanya serta jajaran manajemennya sebagaimana yang diinginkan klien. Alhasil, tahun 2001 BSP menjadi BUJP terbaik dalam kategori ’Pelayanan Terbaik Sekuriti Perbankan’ dari beberapa kategori yang dicanangkan oleh tim penilai, pada saat itu tim penilai sedang melakukan penilaian terhadap pelayanan Bank Universal (saat ini Bank Permata).
Berkat layanan yang baik, akhirnya BSP kian mendapatkan perhatian positif dari bank-bank lain. Saat itulah BSP mulai menunjukkan performa yang lebih baik, hingga sekarang anggota sekuriti BSP mencapai jumlah 14.000-an anggota satpam, sementara saat awal berdiri hanya mengelola 70-an anggota satpam.
Sejak BSP berdiri, klien pertamanya adalah perbankan yaitu Bank Universal. Dengan tampilan satpam yang elegan dan profesional, BSP kian dikenal di kalangan perbankan.
Untuk mewujudkan visi dan misi, BSP senantiasa bekerja berdasarkan prinsip profesionalisme dan berorientasi kepada kepuasan klien. Setiap anggota personil BSP diarahkan untuk memiliki kualitas KSA (Knowledge, Skill& Attitude) dan mampu memberikan service excellent kepada klien.
Bagi BSP, satpam merupakan ujung tombak perusahaan. Hal itu dapat dimengerti karena merekalah yang setiap hari bertemu dan berinteraksi dengan klien. Jika perilaku mereka baik maka akan memberikan citra positif kepada perusahaan, dan begitu pula sebaliknya.
Saat ini, 70 persen pengguna jasa keamanan BSP adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, sisanya merupakan instansi pemerintah dan swasta, seperti manufaktur dan industri, pelayanan umum, retail dan properti, pertambangan dan perminyakan, pemerintahan dan bidang-bidang lainnya.
BSP terus berkomitmen untuk menghargai profesi satpam, maka satpam harus menghargai profesinya dengan berbuat yang terbaik sesuai peraturan perusahaan.
Saat ini, BSP melayani beberapa kegiatan di bidang pengamanan, mulai dari VIP Guard, pelatihan keamanan, jasa pengamanan, investigasi sekuriti, close personal protection, event security, Task Force Bravo dan Operation Command Center. Bahkan BSP tidak ingin ketinggalan dalam informasi cyber crime yang kerap terjadi di dunia perbankan.