Profil PT Supra Boga Lestari Tbk

Gambar PT Supra Boga Lestari Tbk

Profil Perusahaan / Lembaga - PT. Supra Boga Lestari, Tbk
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan

Perusahaan didirikan pada tanggal 28 Mei 1997 dengan kegiatan usaha utama bergerak dibidang perdagangan ritel modern. Nama Perusahaan belum pernah dirubah sejak pendiriannya sampai dengan saat ini. Kegiatan usaha Perusahaan diawali pada tahun 1998 dengan membuka gerai Ranch Market di Jakarta sebagai supermarket pertama, yang merupakan lisensi waralaba dari Ranch Market USA. Pada tahun 2007, Perusahaan mengembangkan konsep supermarket baru yang ditujukan untuk pelanggan kelas menengah dan menengah keatas dengan membuat brand baru yaitu, “Farmers Market”.

Perusahaan melakukan perjanjian pemutusan lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market USA pada tahun 2010. Selanjutnya Perusahaan melakukan perjanjian untuk memperoleh ijin penggunaan merk Ranch Market di Indonesia dan terpisah dengan Ranch Market USA. Pada tahun 2012 Perusahaan melakukan penawaran umum kepada masyarakat atas 312.897.500 saham dan sekaligus menjadi perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Aksi korporasi tersebut dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Seluruh Pemegang Saham No. 15 yang dibuat dihadapan Fathiaah Helmi, Notaris di Jakarta dan telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-03125.AH.01.02.Tahun 2012.

Perusahaan memulai usahanya dengan membuka supermarket pertama (Ranch Market) pada Januari 1998 dengan format waralaba dari Ranch Market USA. Kemudian pada perjalanannya, Perusahaan melakukan pembenahan dan mengembangkan Ranch Market untuk disesuaikan dengan pasar dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Pada tahun 2010 Perusahaan melakukan pemutusan perjanjian lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market USA, dan sejak saat itu Perusahaan memperoleh ijin untuk menggunakan merk Ranch Market di Indonesia, dan terpisah dengan Ranch Market USA.

Perusahaan memiliki 4 brand supermarket yaitu Ranch Market, Farmers Market, the Gourmet by Ranch Market dan Day2Day by Farmers Market. Masing-masing brand memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. The Gourmet by Ranch Market dan Day2Day by Farmers Market baru diperkenalkan pada tahun 2019.

Ranch Market dihadirkan sebagai supermarket yang menawarkan produk-produk berkualitas tinggi dan unik, sesuai dengan taglinenya “It’s a Balanced Life”, dan ditujukan untuk pangsa pasar kelas atas dan menengah atas. Guna mempertahankan loyalitas pelanggannya, Ranch Market terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui berbagai inisiatif untuk menyempurnakan pengalaman belanja dan kepuasan pelanggan, serta memaksimalkan potensi yang dimiliki. Produk-produk yang berkualitas tinggi dan produk yang sesuai dengan gaya hidup sehat pelanggannya seperti produk organik, gluten free product dan dietary product selalu dihadirkan dan ditingkatkan kualitasnya dari waktu ke waktu.

Farmers Market dengan tagline “Fresh and Friendly” merupakan supermarket yang ditujukan untuk pangsa pasar kelas menengah, yang menawarkan variasi produk lokal yang segar dan berkualitas yang lebih banyak. Farmers Market berkomitmen untuk selalu menyediakan produk yang segar dan berkualitas tinggi dan memberikan pelayanan yang prima.

Pada awal 2020, Perusahaan telah mengoperasikan 48 toko, yang terdiri dari 16 Ranch Markets, 29 Farmers Markets, 1 The Gourmet by Ranch Market dan 2 Day2Day oleh Farmers Market, yang berlokasi di beberapa kota di Jakarta, Jabodetabek, Surabaya, Malang, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Ambon, Dumai & Palembang.

Lokasi: Jl. Pesanggrahan No.2, RT.1/RW.7, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630
Peta: