Profil Rumah Sakit Panti Nirmala
Profil Perusahaan / Lembaga: Rumah Sakit Panti Nirmala
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan:
Rumah Sakit Panti Nirmala Malang, didirikan tahun 1920-an berawal dari sebuah poliklinik sederhana bernama Tiong Hwa Ie Sia (THIS). Lokasi Poliklinik pun berpindah pindah. Pertama di Jalan Pecinan (sekarang Jalan Pasar Besar), berpindah ke Jalan Kotalama (sekarang Jalan Kolonel Sugiono), pindah lagi ke Jalan Kidul Pasar (Jalan Kyai Tamin), lalu pindah lagi ke Djagalantram-straat (jalan Sutan Syahrir). Kemudian pindah lagi ke Jalan Klenteng (sekarang Jalan Laksamana Martadinata).
Karena kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat semakin meningkat dan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat bawah, diputuskan untuk membeli gudang kopi di JL. Gudang garam no.8 Malang (sekarang Jl. Kebalen Wetan 2 – 8 Malang). Lokasi ini adalah lokasi gedung induk (Unit 1) RS Panti Nirmala sekarang.
Perluasan lokasi kembali dilakukan di tahun 1954, bertepatan dengan ulang tahun ke-25 perkumpulan/rumah sakit, dengan penambahan tanah seluas 5.000 m2. Areal ini dimanfaatkan untuk bangunan poliklinik umum, kebidanan, penyakit dalam, poliklinik gigi dan ruang perawatan.
Pada 1 April 1948, THIS beroperasi penuh dengan 60 tempat tidur. Dalam perkembanganya, Rumah sakit ini juga mendapat bantuan dari berbagai pihak, yakni dari lembaga supplier alat-alat kesehatan di Negeri Belanda, yaitu SIMAVI (Steun In Medische Aangelegenheden Voor Inheemschen) serta dari Uskup Malang.
"Untuk memantapkan eksistensinya, sejak tahun 1961 nama “Tiong Hwa Ie Sia” diganti menjadi “Panti Nirmala”, meskipun tetap berinduk pada perkumpulan Tiong Hwa Ie Sia. Pada perjalanan selanjutnya, di tahun 1980 dibentuklah Yayasan Rumah Sakit Panti Nirmala Malang."
Sejak awal tahun 1993 Yayasan mulai berusaha dan mencari cara bagaimana Rumah Sakit Panti Nirmala bisa mengembangkan diri. Pembenahan dan penelitian pun dilakukan melalui berbagai pembicaraan dengan Perdhaki dan beberapa pihak. Hasilnya pada tahap pertama diperlukan penelitian secara khusus terhadap Rumah Sakit Panti Nirmala. Penelitian pendahuluan dilakukan tanggal 27 Oktober 1994 dan 10 – 11 November 1994. Hasil penelitian tersebut, menguraikan berbagai kelemahan Rumah Sakit Panti Nirmala dan cara – cara mengatasinya. Pengurus Yayasan pun segera melakukan pembenahan intern dan menghubungi berbagai lembaga khususnya yang bergerak di bidang kesehatan.
Sejalan dengan pembenahan dan pembangunan fisik (gedung) juga dilakukan pembenahan manajemen Rumah Sakit Panti Nirmala secara menyeluruh. Karena itu Yayasan mendukung sepenuhnya prakarsa jajaran Direksi Rumah Sakit Panti Nirmala untuk melakukan akreditasi Rumah Sakit. Hasilnya, Rumah Sakit Panti Nirmala merupakan rumah sakit swasta yang pertama di Kota dan Kabupaten Malang yang telah terakreditasi pada tahun 1999.
Pengurus Yayasan Rumah Sakit Panti Nirmala beserta Direksi dan seluruh staf dan karyawan terus bekerja keras dalam mewujudkan visi dan misi Rumah Sakit Panti Nirmala, sebagai rumah sakit pilihan masyarakat di kota Malang.
VISI
Menjadi rumah sakit dengan pelayanan prima, pilihan utama masyarakat
MISI
- Memberikan pelayanan kesehatan yang cepat, tepat dan akurat.
- Mengutamakan kepuasan dan keselamatan pasien.
- Memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan, sehingga mampu melaksanakan pelayanan yang profesional.
- Meningkatkan kualitas alat kedokteran yang dapat memberikan nilai lebih bagi pelayanan kesehatan.