Profil Sekolah Dasar Aisyiyah (Malang)

Gambar Sekolah Dasar Aisyiyah (Malang)

Profil Perusahaan / Lembaga - Sekolah Dasar Aisyiyah (Malang)
Deskripsi Perusahaan / Kelembagaan

SD AISYIYAH Malang, siap mencetak generasi yang bertaqwa kepada Allah SWT, berwawasan global, berkepribadian Islami,berakhlakul karimah dan memilik kepekaan sosial yang tinggi. SD AISYIYAH Malang dibina oleh tenaga guru yang profesional di bidang masing-masing.

Sekolah Dasar ‘Aisyiyah Kota Malang beralamat di Jalan Gajayana Gang III D / 570 D Dinoyo Kecamatan Lowowkwaru Kota Malang Propinsi Jawa Timur; berdiri sejak 19 Juli 2004. Telah diterbitkan Surat Ijin Operasional  dari Dinas Pendidikan  Kota Malang dengan SK Nomor ; 421.8/2659.307/2005 ,Tertanggal 5 September 2005, adalah sebuah lembaga Pendidikan Formal di bawah Pimpinan Cabang Aisyiyah Lowokwaru Kota Malang dengan Nomor Induk 000510 Nomor Statistik Sekolah : 102056104911, Tertanggal 6 Oktober 2005.

Sebagai bukti otentik amal usaha milik Perserikatan Muhammadiyah, telah diterbitkan SK Pendirian Sekolah Dasar Aisyiyah dengan  akte pendidrian NOMOR: 006/PCA/sd/2004 , Tertanggal 19, Juli  2004. Yang dibina oleh  Aisyiyah Cabang Lowokwaru, Kota Malang Wilayah Propinsi Jawa Timur.

Pada awal berdirinya SD Aisyiyah ini hanya mendapat siswa sebanyak 6 (enam) anak yang terdiri dari 2 siswa dari panti asuhan Aisyiyah 4 siswa dari sekitar sekolah, di kota Malang. Dengan segala keterbatasan dan perjuangan yang gigih Ibu Hj. Masruhatin S,Ag sebagai perintis SD ‘Aisyiah yang didampingi oleh kepala sekolah Bpk. Sukmajaya beserta bantuan satu orang guru kelas Reni Nur Farida, seorang guru PAI dan PJOK Bpk. Reni Fathoni, dan seorang TU Bpk. Ujang Heri Satory. Bersemangat baja untuk mewujudkan terlaksananya UUD 1945 Pasal  31 tentang pendidikan.

Pada tahun berikutnya, seiring dengan terjadinya bencana alam musibah gelombang Sunami Aceh 26 Desember 2004, panti asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah makin banyak menampung anak asuh korban bencana tersebut, hal ini berdampak bagi Perkembangan  SD  Aisyiyah hingga pada tahun ke dua yaitu tahun ajara 2005/2006 jumlah siswa baru mencapai 30 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas ( kelas I, II, dan III). Hal ini menambah semagat dalam mewujudkan  cita-cita SD Aisyiyah yaitu terwujutnya  pendidikan yang Islami Berdasar Al-Qur’an dan As-sunah.

Perjuangan terus berlanjut hingga berhasil terpenuhi seluruh rombel kelas I Sampai kelas 6, sehingga pada tahun ke-6 yakni 2009/2010 meluluskan  sebanyak 7 (tujuh) siswa. Disamping upaya penggalangan perta didik untuk memenuhi kuota yang diharapakan sesuai dengan standar atau pagu yang dicanangkan, masalah administrasi sekolah untuk memperkuat dasar  kelayakan berdirinya sebuah lembaga pendidikan terus di perjuangkan. Sehiungga secara legal formal telah diterbitkan pemerintah Sertifikat NPSN /Nomor  Pokok  Sekolah Nasional  : 29539409 tertanggal 1 Nopember 2008. Disamping itu, seiring berjalanya waktu dan pembenahan di bawah pimpina Kepala sekolah Ujang  Heri Satory, SE sebgai pengganti dari Bpk. Sukmajaya berhasil memperoleh hasil penilaian Akriditasi BAN SD/MI  Badan Akriditasi Nasional SD/MI dengan kategori  B  Tertanggal 21 Oktober 2009 berlaku sampai dengan  Oktober 2013.

Perkembanagan fisik SD Aisyiyah yang pada awalnya hanya memiliki 2 lokal ruang belajar, selanjutnya atas dukungan yayasan dan stikholder telah terepenuhilah 6 lokal ruang belajar dengan sarpras seadanya. Di bidang kurikulum SD Aisyiyah selalu mengikuti perkembangan kurikulum yang ditetapkan kemendikbud, mulai kurikulum tahun 2000 maupun kurikulum 2006 yang di kenal dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Dalam tata kerja stuktural Pimpinan Derah Muhammadiyah/Aisyiyah telah mengatur bahwa  masa kerja kepala sekolah di kalangan Perguruan Muhammadiyah berlaku masa jabatan 4 tahun setiap periode.

Mengacu ketentuan tersebut, masa bakti kepala sekolah yang telah habis kemudian di gantikan dengan pejabat baru, H.Wage Munawar, S.Pd Terhitung Mulai  Tanggal ( TMT), tanggal 1 September 2012. Sebagai pemegang tongkat estafet pemangku jabatan, tentunya  sebelum melangkah guna melaksanakan tugasnya, mengawali langkah positip dengan mengadakan observasi  terlebih dahulu dengan harapan dapat melukan kebijakan sesuai dengan kondisi riil SD Aisyiyah saat itu, baik mengenai kondisi fisik dalam arti sarana pembelajaran seperti ruang belajar perangkat kegiatan belajar sampai administrasi yang terkait sumberdaya pendidikan.

Dari observasi yang dilakukan tersebut, temuan tentang Sumberdaya Manusia menjadi perhatian utama yang perlu mendapat prioritas garapan dalam mengambil langkah kebijakan. Salah satu yang menjadi perhatian tentang SDM murid adalah; jumlah peserta didik setiap rombel bagaikan kerucut terbalik, artinya jumlah peserta didik kelas atas lebih banyak dari kelas bawahnya , hal ini yang menjadi tantangan untuk kelangsungan. Lembaga pendidikan  sekolah yang berlandaskan asas Islami, menjadi langkah yang diupayakan untuk membalik kerucut sehingga jumlah peserta didik sesuai rombelnya kelas kecil lebih banyak dari kelas atasnya. Dalam upaya merubah kondisi tersebut, Kepala sekolah yang didukung seluruh dewan guru, melakukan perubahan-perubahan dengan mendisiplinkan SDM, peningkatan kwalitas Kegiatan Belajar Mengajar, mengikutkan siswa dalam berbagai macam lomba. Penambahan Jam belajar bagi siswa kelas  6, dan juga mengadakan kegiatan gebyar untuk bersosialisasi dengan murid murid TK sewilayah kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dengan hasil dalam PPDB Pendaftar calon siswa semakin meningkat.

Dalam hal penanganan program pendidikan SD Aisyyah selalu mengikuti alur kurikulum yang di canagkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang telah disusun dalam kurikulum 2013 bersama tim penyusun kurikulum untuk penyempurnaan kurikulum sebelumnya yakni KTSP.

Pembenahan administrasi dan renovasi fisikpun  dilakukan  untuk  dapat  memenuhi 8 standar pengelolaan pendidikan. Dari upaya tersebut, akhirnya pada akriditasi tahun ajaran 2013/2014 dinyatakan hasil penilaian BAN SD/MI mendapat kategori B + dengan rata-rata 84, hal ini disebabkan oleh kekurangan ruangan untuk memenuhi standar kelayakan. Hal itu didebabkan oleh beberapa faktor sebagai contoh ruang kantor dan guru yang masih di skat.

Disisi lain upaya untuk membalikan kerucut terkait jumlah peserta didik berangsur angsur terbukti, Inovasi model pembelajaranpun selalu dibangun. Diantaranya dilaksanakanya program Multilingual dengan pembiasaan / aplikasi 4 bahasa; bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris secara bergantian setiap hari.

Sebagi branding mutakhir telah dilaksanakan pula metode Tahfidz Qur’an Tematik (TQT). TQT merupakan metode menghafal AL-Qur’an dengan mengambil ayat-ayat qur’an yang mengandung kisah sejarah Nabi dan Rosul serta peristiwa dimasa lampau, adapun targetnya adalah hafal, faham, dan mengetahui ayat ayat yang di pelajari dan dapat menyampaikan pada orang lain. Program TQT ini dapat disaksikan setiap Kamis jam 16.00. di ATV Malang.

Kemudian untuk memberikan kecakapan hidup dan pengembanagan diri, di laksanakan pula metode Tahfidz Hadits Tematik (THT), guna untuk mensempurnakan ibadah mengikuti tutuntunan yang di contohkan  Rasulullah SAW.

Bidang eskul dan pengembanagan diri dilaksanakan pula pembinaan di bidang Seni Drumband, Bela diri Tapak Suci, Kepramukaan /HW, Seni Tari, Muhadharah, BTQ Bimbingan Tilawatil Qur’an.

Berlandaskan Motivasi Pada Firman Allah “ Innallaha Layughayiru  Ma Biqaumin, Hatta Yughayiru Ma Bianfusihim” ( Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sampai mereka berusaha merubah Nasibnya).

Dari berbagai upaya yang dilakukan pimpinan sekolah dan dewan guru serta SDM yang semakin eksis, satu persatu hasilnya dapat diwujudkan: Tahun 2015 mendapatkan Rehab  gedung swakelola,  September 2016 memperoleh 5 piala kejuaraan  Atfal Competition tingkat nasional, Oktober 2016 meraih 2 piala lomba berhitung cepat Tingkat Jatim, Nopember 2016 memperoleh 12 piala Kejurda Tapat Suci Malang raya. Februari 2017 memperoleh 3 piala dalam Bina Kreatifitas Siswa.

Sistem selalu dibangun dalam kebersamaan dan jiwa optimis, semangat berkerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, semoga Allah membuka jalan seluas luasnya untuk mewujudkan cita cita SD Aisyiyah  “Kamila” Kota Malang.

Sebagai tujuan untuk mewujudkan visi dan misi berdirinya SD ‘Aisyiyah, maka harus menjadi sebuah pilihan untuk selalu bergerak maju dan berkreasi tanpa henti. SD ‘Aisyiyah sebagai sekolah yang islami dan menganut manajemen sekolah yang salah satunya adalah terealisasinya budaya transparansi dan akuntabilitas baik kepada stakeholder sekolah maupun masyarakat luas.

VISI
Mewujudkan Pendidikan Dasar yang Unggul dalam IPTEK dengan dilandasi Kekokohan Iman dan Taqwa (IMTAQ)

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berwawasan keilmuan, kemanusiaan, kebangsaan, dan keislaman untuk mengembangkan kompetensi intelektual, emosional, sosial dan spiritual.
  2. Membentuk Insan yang cerdas, terampil, berwawasan global, berakhlakul karimah, dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Kegiatan Ekstrakurikuler
Dalam rangka menunbuh kembangkan bakat, minat, serta kreativitas siswa, SD AISYIYAH Malang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, yang meliputi

  • Drum Band
  • BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an)
  • Bahasa Arab
  • Hizbul Wathon / Kepanduan
  • Komputer
Lokasi: Jl. Gajayana Gg.III D No. 570 D, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang Prov. Jawa Timur
Peta: